Saturday, December 3, 2011

Distance Learning

Tak terasa ternyata telah satu setengah tahun saya mengalami sistem belajar yang satu ini. Dan peristiwa ini sudah sangat lama, sebelum tahun 2005. Waktu itu belum mengenal istilah distance learning, baru semester kemaren saja saya mengenal nama ini. Gara-garanya saya harus menyiapkan presentasi makalah tentang Divusi dan Inovasi Pembelajaran di depan Dr Sigit Wibowo dengan tema Distance Learning

Karena proses pembelajaran yang dimaksud dalam
Distance Leaning saya telah merasakan sendiri ditambah lagi kemudahan bahan pustaka yang melimpah di internet, maka presentasi bisa saya lewati dengan mudah.
Ada beberapa hal pokok yang dibahas dalam distance learning ini. Pertama-tama tentu pengertian apa itu distance learning itu. Dibahas pula kelemahan dan keunggulan system pendidikan ini.

Dari segi pengertian bahwa pendidikan yang dimaksud adalah pembelajaran yang berlangsung dalam jarak yang berjauhan. Hal ini sangat cocok dengan Negara kita yang memiliki struktur kepulauan. Antar pulau bisa sama-sama saling belajar dengan bahan yang nyaris sama dalam waktu yang sama atau berbeda, bahkan bisa memilih bahan ajar sendiri. (itu idealnya). 

Keunggulannya, apalagi era sekarang yang serba internet distance learning semakin mempersempit jarak komunikasi sesama mahasiswa meskipun beda pulau. Bisa pula komunikasi terputus (via email) yang jelas bisa lebih cepat dan murah bila dibandingkan via pos. tidak harus membeli bahan-bahan pustaka ke toko ataupun ke kampus yang tentu saja banyak memerlukan tenaga dan biaya.

Maka distance learning jaman sekarang berbeda dengan saat saya sebagai pesertanya yang saat itu masih mutlak memerlukan jasa pos dan diktat yang harus dibeli atau memfoto copy dan teman. Bisa dibayangkan harga buku saat itu dengan akses internet saat ini, tentu sekarang lebih praktis dan lebih murah.

Dengan distance learning bisa mempermudah ketercapaian tujuan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. pemerataan pembangunan pun tentu lebih mudah pula dilakukan 

2 comments: